Skip to main content

penyebab klaim tidak dibayarkan oleh perusahaan asuransi

Asuransi kadang menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Ada yang menganggap bahwa Perusahaan Asuransi (PA) hanya mengobral janji. Agen asuransi hanya mengejar target penjualan produknya. Ketika klaim diajukan, masyarakat banyak yang tidak dibayar dengan berbagai alasan. Belum lagi prosesnya yang berbelit-belit dan memakan waktu lama. Tapi, sebenarnya tidak semua PA seperti itu, ada juga PA yang bertanggung jawab dan mau membayar klaimnya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa PA tidak bisa membayar klaim para nasabahnya, diantaranya :
Kesalahan Nasabah

Tidak dibayarnya klaim nasabah tidak semata karena kesalahan PA, tapi ada juga kesalahan yang dilakukan nasabah hingga klaimnya tidak terbayar.
 


1. Nasabah Tidak Jujur
Dalam dunia asuransi jiwa, ada yang dinamakan dengan Surat Permohonan Asuransi. Dalam surat tersebut, calon nasabah diharuskan mengisi pertanyaan dengan jujur dan yang akan menjadi patokan apakah PA akan memberikan perlindungan atau tidak.

Biasanya, dalam pengisian ini ada nasabah yang tidak jujur. Ada yang bilang tidak pernah dirawat dalam 2 tahun belakangan, padahal 4 bulan lalu baru saja keluar dari rumah sakit.

Kalau nanti terjadi kematian dan PA mendapatkan bukti bahwa nasabah pernah dirawat di rumah sakit 4 bulan belakangan, jangan harap klaim akan dibayar.

2. Pengecualian PA Membayar Uang Pertanggungan
Terdapat beberapa pengecualian kenapa PA tidak memberikan manfaat yang dijanjikan bila penyebab kematian :
1. Karena bunuh diri
2. Karena orang yang bersangkutan melakukan tindak criminal Karena AIDS
3. Penyakit kritis, kematian terjadi pada tahun pertama dia mengikuti program asuransi (tergantung perusahaan asuransinya)
4. Karena force majeure, atau hal-hal yang memang tidak bisa dihindari, seperti perang, bencana alam, atau huru-hara (tergantung perusahaan asuransinya)

Terkadang pengecualian ini tidak diketahui oleh nasabah, padahal sudah tertera dalam polis. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab klaim tidak dibayar. Makanya, diharapkan untuk membaca polis secara seksama sebelum menandatangani polis.

3. Terlalu Lama Mengajukan Klaim
Biasanya PA akan membatasi pengajuan klaim selama 3 bulan. Tapi, sering kali nasabah mengajukan klaim di luar waktu tersebut sehingga PA tidak bisa memenuhinya.
Batasan waktu pengajuan klaim tersebut ada dalam polis. Bacalah polis sehingga ketika terjadi risiko kematian, segera ajukan klaim Anda.

4. Syarat Pengajuan Klaim Kurang Lengkap
Biasanya, persyaratan-persyaratan yang diminta oleh PA bila Anda ingin mengajukan klaim kematian adalah:
  1. Surat Keterangan Kematian dari RT/RW setempat
  2. Surat Keterangan Kecelakaan dari Kepolisian (jika kematian terjadi karena kecelakaan)
  3. Surat Keterangan dari RS
  4. Mengisi Formulir Pengajuan Klaim yang diterbitkan oleh PA
  5. Fotokopi Identitas Diri Ahli Waris dan Identitas yang meninggal

Kesalahan Pihak Asuransi
Terdapat beberapa kesalahan yang umumnya dilakukan oleh PA, seperti :

1. Agen asuransi tidak jujur dalam presentasinya
Seperti yang disebutkan di atas, ada saja agen asuransi yang tidak jujur. Misalnya, saat presentasi dia mengatakan kalau PA akan membayar manfaat bila kematian disebabkan penyakit kritis pada tahun pertama. Padahal PA tempat agen tersebut bernaung tidak bisa membayarnya.

Untuk mencegahnya, bacalah polis Anda dan bandingkan dengan omongan dari agen asuransi tadi. Apakah sejalan atau tidak? Jika tidak konfirmasikan ke PA yang bersangkutan.

2. PA yang bandel
Bila Anda sudah memenuhi syarat yang ditentukan, rajin membayar premi, tidak bohong dalam pengisian Surat Permohonan Asuransi, mengirimkan pengajuan klaim dalam jangka waktu yang ditentukan, tapi klaim Anda masih juga belum dibayarkan, coba cek lagi. Bisa saja PA-nya yang tidak benar.





Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR RUMAH SAKIT RUJUKAN ASURANSI PRUDENTIAL

Rumah Sakit Rekanan JLT GESA, Rujukan bagi Nasabah Prudential
Daftar Rumah Sakit di bawah ini dapat berubah tanpa pemberitterlebih dahulu,
Silakan menghubungi layanan 24 jam JLT GESA yang tercetak di belakang kartu asuransi Anda untuk memastikan ketersediaan layanan Rumah Sakit
pilihan Anda.
Diperbaharui Tanggal 20th Januari 2017 1 Bali Bali Jl. Rajawali No. 36 (0365) 40251 2 Aricanti, RS Bali Denpasar Jl. Raya Mas Ubud (0361) 974 573 3 Bali Royal Hospital, RS Bali Denpasar Jl. Tantular No. 6 (0361) 247499 4 Bangli Medica Canti, RS Bali Denpasar Jl. LC Subak Aya Bebalang Bangli (0366) 91555 5 Bhakti Rahayu Denpasar, RS Bali Denpasar Jl. Gatot Subroto II/II (0361) 430245 6 Family Husada Gianyar, RSU Bali Denpasar Jl. Astina Timur No. 8A, Samplangan
Gianyar (0361) 8493344 7 Kasih Ibu Denpasar, RS Bali Denpasar Jl. Teuku Umar 120 Denpasar 80114 (0361) 223 036 8 Kasih Ibu Gianyar, RS Bali Denpasar Jl Raya Pantai Saba Gianyar (0361) 3003333 9 Kasih Ibu Kedonganan Bali, RSU Bali Denpasar J…

Klaim asuransi prudential

Bagaimana cara klaim rawat inap di rumah sakit yang bukan RS rujukan asuransi prudential, caranya gampang banget silahkan simak berikut ini:

Jika anda sakit dan dirawat di RS yang bukan RS rujukan prudential maka secara otomatis kartu berobat prudential (PRU HS)anda tidak dapat digunakan (kalo yang tidak pake kartu bisa di RS mana saja asal tidak di klinik kecuali kecelakaan), tapi anda jangan khawatir anda dapat membayar dengan uang anda sendiri dulu atas biaya yang dibebankan kepada anda oleh rumah sakit, dan selanjutnya anda klaim ke prudential dengan melampirkan data-data dari rumah sakit, seperti hasil diagnosa, kwitansi, form rawat inap dari prudential dll, kemudian kirim ke agency prudential anda (kurang lebih 3bln kadaluarsanya), Biasanya agent anda yang akan membantu mengurus, tapi jika agent anda karena suatu hal tidak dapat membantu maka dari sekarang anda harus minta form rawat inap untuk persiapan kalo seandainya itu terjadi,
uang klaim cair maksimal dalam waktu 1 bln.

KANKER PAYUDARA,CIRI,GEJALA

Ciri-ciri atau tanda gejala kanker payudara, jangan pernah menganggap remeh apa bila anda merasakan sesuatu yang aneh disekitar wilayah payudara anda, segeralah periksa ke dokter untuk memastikan bahwa payudara anda aman dari penyakit kanker payudara.

berikut ciri-ciri atau tanda gejala kanker payudara:
-Benjolan keras di sekitar payudara (apabila benjolan itu kanker awalnya biasanya hanya terjadi pada satu payudara)
-Gatal di daerah puting
-Terasa sakit dan nyeri
-Payudara terasa panas dan memerah dan juga bengkak
-Ada luka pada payudara yang sulit sembuh
-Perubahan pada kulit payudara, berkerut seperti kulit jeruk
-Bentuk puting berubah, masuk kedalam atau sakit terus memerus dan mengeluarkan cairan atau darah
Semoga anda dapat lebih cermat dan waspada dengan tanda atau ciri gejala kanker payudara yang di sebut diatas.
jika tanda tersebut ada di payudara anda jangan buang waktu lama-lama segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.